Sabtu, 31 Desember 2011

menyambut tahun 2012

yaa,, tahun baru 2012 tinggal menghitung jam saja,.
itu artinya kalau anda ke toilet pada pukul 23.59, maka anda akan keluar dari toilet pada tahun depan alias tahun 2012.... bisa dimengerti???????

masih ggak percaya, udah di detik-detik terakhir penghujung tahun 2011 ini... tahun 2011 kurang lebih selama 12 bulan ini aku lewati dengan penuh perjuangan besar untuk meraih cita-cita....
dimulai dari bulan Januari-Mei : dimana aku masih berstatus sebagai salah satu siswi di SMAN 1 UNGARAN yang notabene mengenyam di bangku kelas XII. Ya, kelas XII. penentuan masa depan kita.. yang salah satu tujuan utamanya adalah untuk LULUS dan bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri.
dari bulan2 tersebut memang bulan yang sangat berat. dimulai dari adanya tambahan mata pelajaran. apalagi anak IPA yang makanan utamanya sehari-hari adalah matematika, kimia, biology, fisika, bahasa indonesia dan bahasa inggris. kemudian dilanjutkan dengan ikut les snana-sini yang hampir membuat hari-hari ini nggak membosankan (makna ambigu)...
memang benar, berangkat kurang lebih jam 6, pulang sekitar maghrib/isya,  abis itu ditambah belajar ala anak ipa yang SKS (ngedate sama tugas), bangun pagi dan rutinitas itu terus diulangi hampir untuk bulan-bulan tersebut. apalagi pada tahun 2011 ini, soal UN ada 5 paket. bisa dibayangin kan, ada paket A, B, C, D, E yang banyak. dari situ aku mulai berpikir : "ini pemerintah kekurangan soal apa gimana ya, sampe ada waktu buat soal yang berpaket-paket" , "apa mungkin indonesia memang sudah banyak orang pintar, sehingga untuk ujian pun harus 5 paket soal" dan salah satu pikiran ku adalah "bisakah ntar pada contek-contekan?????" (hhahahahhahha,, maklum pikiran kotor saya waktu itu.. hihihihihi ^_^)
selain belajar, aku juga membutuhkan support dari orang-orang tersayang seperti (Bunda yang selalu mendampingiku, Babe, Adek2ku yang jayuz, dan "dia" serta temen-temen yang kocak)...
sebelum UN dimulai,, kami (siswa-siswi smansa) rutin menggelar istighotsah bersama untuk memohon doa / bantuan dari yang maha kuasa. memang tak dapat dipungkiri,, doa merupakan senjata terampuh selain belajar. dan tidak mengherankan kalau setiap istighotsah digelar, pastilah 1 kotak tissue habis dan basah oleh air mata serta dapat dipastikan di tong sampah dipenuhi tissue-tissue. hahhha.. (mengenang masa pas nangis bareng).
next, akhirnya perang pun dimulai pada tanggal 18 April 2011. hari pertma adalah bahasa indonesia dan biology. ya, hari pertama alhamdulillah sukses walaupun biology sempet ada kendala dan soalnya di luar prakiraan banget.jujur, pulang2 sempet nangis kalau biology dapetnya diluar target pas ditanyai sama bunda gimana ujiannya.. huhuhuhuhuhhuhuuhu ;(
hari kedua, matematika. argfhhhh,, berbicara tentang matematika merupakan mapel yang sangat tidak saya sukai. entah mengapa kurang anti banget sama yang naamanya matematika. pas ujian pun aku masih dilanda rasa ketar-ketir ntar gimana ngerjainnya. apalagi kalau ada soal integral, trigonometri pasti langsung aku lewati dan aku kerjain bagian terakhir. dan benar saja, ketika muncul soal bab ity, tanpa pikir panjang, langsung aku tinggal. di detik2 terakhir waktu mengerjaan, tkinggalah beberapa soal dan harus aku buleti bundaran LJK itu. mau tak mau harus memakai jurus terampuhku yaitu ilmu pengawuran alias ajian pengawuran yang entah diciptakan oleh ilmuwan siapa aku juga nggak tau,. tapi aku selalu memakai ilmu tersebut disaat-saat kepepet seperti itu. aku pun memegang pensil 2B merk f***r c*****l itu dan lansung memilih point hasil ilmu pengawuranku yang berdasarkan feeling/itung kancing/berdasarkan beberpa trik dari bimbel,, aku pun mulai membuat bulatan di LJK dan mulut pun berkomat-kamit memanjatkan doa al-fatihah , berharap jawaban ilmu ngawur dari ilmuwan anonim benar...
dan begitulah sifatku kalau ada soal yang tidak bisa saya buat.... hehhehhe (harap maklum..)
hari ketiga, mapel yang diujikan adalah bahasa inggris dan kimia.. insyaallah, hari itu aku merasa santai menghadapi UN walaupun mapel bahas inggris yang listening sempet membuat saya bingung.. tapi setelah dicocokan sama jawaban temen dan guru bahasa inggris waktu itu, Mrs. Rini (english's teacher favourite for me) setelah UN selesai cocok... kira2 jawaban yang masih ingat adalah waktu itu, pineapple, long black dress, tractor etc... dan kimia pun soalnya di luar dugaan karna alhamdulillah bisa mengerjakan dengan lancar...
hari terakhir, adalah fisika...
dan untuk mapel ini tidak usah saya bahas karna intinya sama dengan yang diatas (masih menggunakan ilmu pengawuran, doa dll)...

singkat kata singkat cerita, tanggal 16 Mei 2011 tepatnya pukul 13.00 hasil UN pun diumumkan. untuk smansa, pengumuman lewat website sma. saya juga tidak tau kenapa lewat website, mungkin pihak sekolah tidak mau ada kerusuham aksi corat-coret seragam. tapi tetep saja saya dan teman-teman saya ke sekolah tercinta. dari hari jumat sebetulnya beberpa teman sudah tau kalau semua siswa smansa dinytakan lulus 100%, tapi kami tetap tidak percaya walaupun pengumuman itu dari salah satu wali murid yang bekerja pada dinas pendidikan. dan pada hari H nya lah kami baru percaya dan memang kami dinyatakan LULUS 100%. tak dapat dipungkiri, kami punm melakukan aksi corat-coret di beberapa TKP, karna area sekolah tidak boleh dimasuki oleh siswa khususnya kelas XII.
Inilah beberapa TKP yang dijadikan tempat aksi corat-coret :
anak IPA : serambi-halaman masjid istiqomah (yang tdekat dengan sekolah)
anak IPS : di depan gerbang masuk masjid istiqomah
anak BAHASA : tersebar diantara 2 TKP itu..
senang rasanya udah lulus dan mendapat nilai yang bagus pada akhirnya.. alhamdulillah yahhhhh.. :)
Ini nih foto-foto pas selesei corat-coret :



perjuangan belum berakrir karena saya masih belum mendapat universitas yang saya inginkan.jujur saya ingin kuliah di UNDIP (FKM, KEPERAWATAN), IPB (ARSITEKTUR LANSEKAP, FKH), UNIBRAW (TEKNOLOGI PANGAN), UGM (ARKEOLOGI, FKH, PERTANIAN), POLTEKKES (KEPERAWATAN, KESEHATAN GIGI),, Tapi sternyata setelah saya konsultasikan ama bunda, beliau tidak setuju kalau saya di IPB, UNIBRAW, UGM yg ARKEOLOGI, POLTEKKES, KES GIGI,, sehingga saya pun tetap ingin ke UNDIP FKM.
jujur, saya ingin dan minat ke bidang kesehatan atau pertanian, tapi entah kenapa bunda saya   menginginkan saya di bidang pendidikandan kesehatan,, tapi beliau lebih prefer di bidang pendidikan. entah kenapa beliau mempunyai pemikiran seperti itu..
berbagai proses seleksi masuk PTN2 tersebut pun sudah banyak saya ikuti, saya mulai rajin datang ke BK, meminta info2 dari guru2 BK dan bahkan saya sem[et dimarahi oleh Bu Anny Haster waktu itu karna salah paham dan misscomm, beberapa seleksi itu adalah :

1. SNMPTN jalur Undangan
   PIL 1 : UNDIP --> FKM, ILMU KEPERAWATAN, PETERNAKAN
   PIL 2 : UNNES --> PEND. BIO, KESMAS.
   Ya, itulah pilihan sya. meskipum bunda agak tidak setuju sya mengikuti jalur undangan, tapi tetep saya mengikutinya.. hehhehhe,, maaf ya bund.... ;(... dan memang benar saja, pas pengumuman saya dinyatakn tida diterima,, jujur saya nagis waktu itu. saya benar-benar berharap pada jalur undangan ini. tapi memang Allah berkehendak lain. pilihann terbodoh yang saya buat adalah memasukkan UNNES pada pilihan kedua, padahal jelas2 saya sudah diberitahu kakak kelas saya yang kuliah d UNNES kalu unnes tidak mau dijadikan pilihan dua, dan FKM yang merupakan prodi pilihan utama saya di undip merupakan salah satu prodi eksak terfavorit,, ya jadi sudah jelas alasan saya tidak diterima...

2. SNMPTN Jalur Tertulis.
   Ya, mau tidak mau saya haus jalur inikarna saya tidak mau ikut jalur UM atau semacamnya. Saya pun kembali harus belajar mengulang materii2 SMA mulai dari kelas X-XII. apalagi saya mengambil pilihan IPC atau ilmu pengetahuan canpuran (IPA & IPS) jadi saya juga harus belajar mapel mapel yang tidak saya dapatkan kayak Sosiologi, Geografi, Sejarah, Ekonomi. beruntung saya dipinjami buku Koding oleh si "dia" dan mb isti yang soalnya alhamdulillah ada 1 yang keluar pada mapel biology.. terimakasih ya mas r***, makasih banget udah ngasih support terbesar..... hehhehehhehehhhe
pilihan yang saya ambil adalah :
1. UNDIP : Teknik geology
2. UNNES : Pend Biology
3. UNNES : Pend. Bhs Jepang
Kali ini saya benar-benar menuruti apa kata bunda saya dan guru saya. sebelum saya mengambil pilihan undip teknik geology, saya tetap ingin di FKM, tapi beberapa guru menanyai saya waktu itu mau melanjutkan dimana dan saya jawab dengan mantap : mau ke FKM UNDIP. Tapi mereka malah bilang : "kenapa k FKM nok???? kenapa nggak ke pendidikan/kedokteran sekalian aja????"
dan setelah usut punya usut, saya pun kembali berpikir untuk menjatuhkan pilihannya kepada Teknik Geology Undip. alasannya ada di blognya ms avelliansyah yang sangat memotivasi saya.. terimakasih ya ms avel.
dan saat pedngumuman, awalnya saya tau kalau pengumuman itu jam 00.00, Namun saat saya online d twitter jam 19.00, tepatnya di timeline saya terdapat link yang merujuk pada pengumuman snmptn . langsung sajalah saya klik link tersebut dan saya diminta mengisi kayak nomor peserta test, tanggal lahir dll. dan akhirnya, saya mendapat pengumuman yang sangat menggembirakan yaitu saya dinyatakan DITERIMA di Pendidikan Biologi UNNES, prodi yang saat ini saya tempuh.... alhamdulillah ya Rabb...

dan masih banyak seleksi2 lain yang saya ikuti seperti poltekkes. tapi alhamdulillah saya mantapkan pilihan saya di UNNES PENDIDIKAN BIOLOGY.
atu hal yang saya pelajari di tahun 2011 ini, bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, usaha dan doa diperlukan dalam meraih sesuatu itu dan dengarkan perkataan dari bunda tercinta karena omongan beliau benar dan doa restu bunda itu salah satu senjata terampuh yang sangat berharga selain doa kapada sang pencipta serta percayalah bahwa ALLAH SWT tidak pernah tidur mendengar doa kita....

Untuk tahun 2012, semoga 1 tahun ke depan bisa menjadi manusia yang lebig dewasa, bijasana, tidak kekanak-kanakn lagi, bisa mencapai IPK 3 lebih aminnnnnnnnnn,,, lancar kuliah.. aamiin ya Rabb..
HAPPY NEW YEAR.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar