Senin, 27 Februari 2012

7 Jajanan Anak SD yang bikin kangen

Saat mbolang d kampus (sebenernya nunngu rapat yang tak kunjung mulai) lebih baik stanby di gedung D3 (gedung kuliah fisika) #lho padahal anak biology. *nepok jidat*. padahal dalam hati dateng kepagian, niat pengen hotspotan akhirnya malah pke modem juga....
teringat jajanan khas waktu zaman SD dulu yang bikin kangen gue..
jajanan SD emang nggak pernah mati ditelen zaman nih guys, bahkan ada beberapa jajanan yang masih tetap lestari tak pudar oleh waktu yang masih dapat ditemui di beberapa tempat-tempat. contohnya nihhhh :

1. Cilok


  Did u know cilok? Cilok atau bahasa patinya pentol (lucu juga ya) atau bahasa keren di kampus gue tu bakso mini adalah bakso yang bentuknya kecil-kecil gitu. harganya biasanya sih murah Rp 100 per biji. ya secara penyajian sih emang mirip dengan bakso pada umumnya,. setiap istirahat pasti gue beli di bapak-bapak penjual cilok. dan jangan salah guys, si bapak-bapak penjual cilok yang gue beli sejak jaman SD ternyata sampe hari ini pun masih berjualan... uhhhh,, lamanyaaaa... salut deh sama bapaknya.
tuh dari gambar diatas tentu kalian udah bisa ngebayanginnya kan ya?

2. Putu Mayang
jangan beranggapan bahwa mentang-mentang nama gue mayang terus kalian meragukan namaya. ini jajanan emang bener-bner namanya putu mayang. aaarggg, gue juga kagak tau kenapa namanya sama kayak nama gue. wahwahhhh....
ni jajanan sebenernya jajan pasar gitu guys. tapi entah pas SD ada di SD gue. nih jajanan paling enak yang pernah gue cicipin dikala SD. Bentuknya tuimut gitu, ada banyak warna. biasanya warnanya pink, ijo muda gitu. terbuat dari mie hun yang dicetak n dikukus. rasanyaaa,, beuhhhhhhh manis bangetttt.... terus ntar diatasnya dikasih kelapa parut....
Nih gambarnya :



oke gue pending lama nih postingan karna mau ke PKM MIPA dulu. udah  jam 8 sih dan mau rapat kayaknya (padahal mau mbuat desain himabio n unnes + katanya mau ngambil Tectona grandiss leaves).
assiikkkk bali lagi dan saatnya nulis postingan ini..

3. Biting (Be Think)
Biting or Be think (dalam bahasa indonesia artinya lidi) atau bahasa kerennya spaghetti kering jawa. hahahhha. aneh-aneh aja. Ya, biting atau lidi ini kayak mi tapi sedikit keras gitu. ada 2 macam rasa, rasa asin en pedes. di kampus gue pun nih biting masih laku banget guys, bahkan sering diserbu para penggemarnya. gue sendiri sih lebih suka yang rasa pedes, walaupun rasanya nggak pedes sama sekali. tapi setiap gue liat temen-temen pada makan tu biting pasti mukanya langsung merah padam saking pedesnya, padahal nggak pedes loh..
hehhhehe.. :p

biasanya harganya mulai dari Rp 500-1000. pas gue kecil dulu malah harganya cuma cepek... hahhha

4. Gulali rambut
permen gulali pasti udah sering kalian temui diamanapun. tapi ini namanya gulali rambut. kenapa disebut gitu? mungkin karna ketika udah jadi, tu jajanan bentuknya kayak rambut , tapi bedanya rasanya manis dan warnanya pink gitu. gue kangen banget sama nih jajanan,. enakkk banget rasanya.  andai si ibu ibu penjual gulali masih berdagang di SD, pasti gue akan nitip adek yang masih sekoalah di SD buat beli tu gulali. entah gimana cara ngebuatnya, kayaknya seinget gue tu adonan apa gue juga nggak tau tapi dipuntir-puntir terus sampe bentuknya kayak rambut gitu.


5. Mie anak mas
beuhhh tenar banget nih jajanan pas gue SD. rasa kejunya itu lho yang bikin nggak nahan buat terus jajan nih mie. kok sekarang nggak ada ya?? padahal pas di kremezzz itu n rasa kejunya yg ngangenin.


6. Sate Grandong
whattt? sate gerandong?
 horor banget ya namanya? (inget salah satu judul sinetron kolosal jaman itu "Misteri Gunung Merapi"). tapi jangan takut dulu guys, mentang-mentang namanya horor gitu jadi nggak mau makan nih jajanan tenar. penasaran apa yang namnaya sate grandong? 
endilalah nggak disangka-sangka, ternyata sate grandong itu semacam sate telor dadar. bingung? gue jelasin. jadi telor yg dikocok jadi satu gitu yg udah dtambah bumbu penyedap lain lalu ambil 1 sendok telor yg udah dikocok tadi n masukin ke minyak panas (jadi cara masukinnya : cara nuangin telornya harus muteri si minyak tadi, nggak kayak kalo kita buat telor dadar) *duuhh susah njelasinnya*.
terus kalo udah mateng, si telor yg bentunya acak2an tadi digulung-gulung ke tusuk sate sampe si telor tadi menyelimuti setengah dari si tusuk sate tadi.. terus disiram pake saus.




7. Agar-agar
ahhh pasti kalo ini mah udah pada tau. ya kayak agar-agar biasa gitu lah, tapi bentunya dibuat imut-imut gitu. pas jaman gue SD sampe sekarang harganya cuma cepek guys. murah banget kan yaa???. hehhe :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar