Kamis, 19 Januari 2012

Praktikum Biologi

Kamis pagi kira-kira tanggal 6 Oktober 2011 merupakan praktikum biologi pertama saya di universitas. Ya hari ini jadwalnya adalah pengamatan sel-sel pada jaringan tumbuhan, hewan dan manusia.
Ya, H-1, selepas kuliah kimia, saya dan teman-teman se rombel pun mencari bahan buat praktikum di sekeliling fakultas MIPA (dari gedung D1-D9, Lab Bio, bahkan sampai ke auditorium).
Kami berusaha mencari bahan-bahan seperti :
Daun Rhoeo discolor (daun adam eva), Hydrilla verticillata, bunga dari Rhoeo discolor, batang singkong (Manihot utilissima) de el el. Alhamdulillah, untuk Hydrilla di lab bio udah ada banyak di kolam, untuk daun rhoeo discolor pun banyak disekitar Musholla MIPA alias MBA, lab fisika. Untuk bawang merah pun saya yang bawa karna diantara temen2 serombel yamg nglaju hanyyalah saya dan agas, namun si komting itu mana mau membawa bawang merah (Allium cepa).. Untuk gabus batang singkong pun diserahkan kepada si Gale tong, meskipun dia sempet nggak tau yang mana... Duhhhh... :(


Paling susah adlah mencari bunga dari Rhoeo discolor,, muter-muter kesana kemari kayak nyari alamat palsu (ups,, *bunga Rhoeo discolor not ayu ting ting) pun kami lakuin, tapi nggak ketemu juga dan alhamdulillah ketika salah satu temen punya inisiatif ke rektorat untuk mencoba mencari tu bunga, dan akhinya nemu juga dehhh... Perdebatan pun kembali kita lakukan karna bingung kalau tu bunga layu, dan entah dapat ide atau wangsit dari mana, akhirnya si chenes membawa ke kost nya untuk diletakkan di kulkas.. Hahhha :D


Pagi harinya, saya mendapat jarkom dari si agas dan dia pun mendapat info dari si asdos : mas sigit. Yang mana, untuk praktikum ini, pengamatan tetep dilakukan,, tapi hasil pengamatannya difoto bukan digambar untuk menghemat waktu karna bahan yang akan dipraktikumin lumayan banyak.. Pikirku : "hmmphh,, lumayan juga idenya, males ngegambar soalnya. *padahal biologi terkenal dengan FBS = Fakultas Biologi dan Seni dan juga pas praktikum kehati, taksohew pasti ada ngegambarnya pula).
Ya maklum lah waktu itu masih semester 1 yang nggak tau apa-apa. Tapi usul dari si asdos bagus banget. why??? karna rombel lain yang mengenyam makul bioum, laporannya untuk praktikum ini digambar, tapi khusus rombel saya di potret. Ya jadi kami enjoy aja...


Praktikum pun dimulai, kembali si asdos (mas sigit dan mb azizah) menjelaskan langkah-langkah kerjanya. Meskipun waktu itu jujur temen-temen saya pada nggak konsen karna kepikiran soal pretest bio tadi (*ritual wajib sebelum praktikum dimulai).
Saya semdiri tidak terlalu memikirkan soal yang tadi, tapi alhamdulillah saya bisa mengerjakannya.
Saat pengamatan dimulai si asdos pun mendekat ke meja praktikum kelompok saya dan mulai menanyakan gimana hasil pengamatannya. Waktu itu kelompok saya mendapat jatah pengamatan daun Hydrilla verticillata.
Pas awal pertama, memang tidak terlihat, namun karna mikroskop kami mendapat yang binokuler akhirnya langsung diatur perbesarannya dan memutar makrometer pun terlihat. Si asdos pun menjelaskan beberapa bagian2 ini itu de el el, kami pun mengangguk-angguk.. hhaha...
Saya pun melanglang buana mengamati jaringan dan sel pada kelompok lain dan ternyata memang unik-unik. Kembali si asdos menjelaskan kepada saya bagian2 itu meskipun saya tidak bagian dari klompok tersebut, dan tiba-tiba ada dosen yang menyayakn kenapa pengamatannya difoto bukan digambar oleh mahasiswa? disitu saya sempet tertawa kecil, namun si asdos menjelaskannya dengan jelas dan blablablablabla...... si dosen pun mengerti. Krna waktu itu, sang dosen melihat wulan memegang senjata ampuhnya : camdig ke mikroskop binokuler dan monokuler..
Saya pun kembali tertawa kecil sampai si asdos bilang : "kenapa dek???"


Nggak usah dibahas,,
inilah beberapa hasil jepretan dari wulan mengenai hasil pengamatan praktikum ini :



                                            
                                                       daun    Hydrilla verticillata  






                                                 
                                                                   Allium cepa






                                                      sel gabus Manihot utilissima






                                                                  daun Rhoeo discolor






                                                      benang sari bunga Rhoeo discolor




                  
                                                        daun Ficus elastisca




                                                                  
                                                                 batang monocotyle




Dan sekian dulu posting kali ini, untuk gambar pengamatan yang lain kayak sel atau jaringan pada hewan dan manusia akan saya  posting di lain waktu lagi karna waktu udah nunjukin pukul 23.46.. hhahahhahahhaha :)
Smoga bermanfaat yaaaaaaa :p

1 komentar: